11 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak

Buah sirsak, buah yang satu ini diyakini berasal dari belahan Negara Amerika selatan. Buah yang memiliki ciri-ciri kulit buahnya berduri, berwarna hijau tua, daging agak berserat dan berwarna putih serta mempunyai biji berwarna hitam yang terdapat dalam buahnya. Sirsak juga diyakini mampu menyembuhkan aneka macam penyakit, seperti kanker, kekebalan tubuh, dan masih banyak yang lainnya.
Buah sirsak menyimpan berbagai nutrisi penting baik untuk kesehatan. Sirsak diperkaya dengan vitamin,mineral,dan serat pangan. Mengonsumsi 100 gr daging sirsak dapat mencukupi kebutuhan serat harian sebesar 13 persen.

Seperti yang dilihat dari penelitian berfungsi menyerap kolesterol dan mempermudahnya keluar dari dalam tubuh, serat juga dapat mempermudah sistem pencernaan. Kandungan vitamin C dalam sirsak juga tak bisa dianggap remeh. Dalam 100 gr daging sirsak mengandung sekitar 20 mg Vitamin C.

Dalam memenuhi kebutuhan vitamin C yaitu 60 mg vitamin C setiap harinya, Anda hanya memakan 300 gr buah ini setiap hari. Vitamin C dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, menghindari diri dari radikal bebas, menghindari penuaan dini, dan masih banyak lagi.

1. Ambeien.
Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
2. Sakit Kandung Air Seni.
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
3. Bayi Mencret.
Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
4. Anyang-anyangen.
Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.
5. Sakit Pinggang.
20 lembar daun sirsak, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal3 gelas, diminum 1 kali sehari 3/4 gelas.
6. Bisul.
Daun sirsak yang masih muda secukupnya,
7. Mencegah Kanker
Annonaceous acetogenins merupakan fitokimia yang ada di daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berguna untuk kanker dan virus. Penelitian memaparkan dengan kandungan dalam buah ini. Dapat menurunkan  sel-sel jahat ini untuk 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.
8. Meredakan Migrain
Buah sirsak terdiri dengan riboflavin atau vitamin B2 yang dapat menurunkan sakit kepala seperti migrain.
9. Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam buah ini dapat meningkatkan kandungan sel darah merah dalam tubuh.
10. Menjaga Kesehatan Tulang
Selain dengan fosfor dan kalsium, buah ini banyak mengandung tembaga, yang dapat menyerap kalsium ke dalam tulang, hal ini dapat menambah kebutuhan nutrisi dengan baik.
11. Meningkatkan Energi
Selain dengan manfaat buah sirsak untuk kesehatan, aromanya yang menyegarkan dapat meningkatkan  mood dan thiamin yang dapat mempengaruhi energy

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "11 Khasiat dan Manfaat Buah Sirsak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel