14 Manfaat Jeruk Nipis



Jeruk atau limau adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae (suku jeruk-jerukan).Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak di antara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya. Sebutan "jeruk" kadang-kadang juga disematkan pada beberapa anggota marga lain yang masih berkerabat dalam suku yang sama, seperti kingkit. Dalam bahasa sehari-hari, penyebutan "jeruk" atau "limau" (di Sumatra dan Malaysia) seringkali berarti "jeruk keprok" atau "jeruk manis". Di Jawa, "limau" (atau "limo") berarti "jeruk nipis".

Jeruk sangatlah beragam dan beberapa spesies dapat saling bersilangan dan menghasilkan hibrida antarspesies ('interspecific hybrid) yang memiliki karakter yang khas, yang berbeda dari spesies tetuanya. Keanekaragaman ini seringkali menyulitkan klasifikasi, penamaan dan pengenalan terhadap anggota-anggotanya, karena orang baru dapat melihat perbedaan setelah bunga atau buahnya muncul. Akibatnya tidak diketahui dengan jelas berapa banyak jenisnya.

Penelitian-penelitian terakhir menunjukkan adalah keterkaitan kuat Citrus dengan genus Fortunella (kumkuat), Poncirus, serta Microcitrus dan Eremocitrus, sehingga ada kemungkinan dilakukan penggabungan. Citrus sendiri memiliki dua anakmarga (subgenus), yaitu Citrus dan Papeda.

Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur. Jeruk manis dan sitrun (lemon) berasal dari Asia Timur, sedangkan jeruk bali, jeruk nipis dan jeruk purut berasal dari Asia Tenggara.

Banyak anggota jeruk yang dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan pangan, wewangian, maupun industri. Buah jeruk adalah sumber vitamin C dan wewangian/parfum penting. Daunnya juga digunakan sebagai rempah-rempah.

Jeruk nipis bukan hanya menyehatkan kadar lemak dalam tubuh kita tapi juga bisa jadi pilihan untuk mengurangi garam saat mengolah makanan. Sebab jeruk yang satu ini bisa lebih mengeluarkan aroma masakan. Masakan jadi lebih lezat dan sehat. 

Kandungan Jeruk Nipis
Tanaman yang tumbuh lebih sehat di tempat yang terbuka dengan sirkulasi udara yang baik ini banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, yaitu :
- Limonen
- Linalin asetat
- Geranit asetat
- Asam sitrat
- Vitamin C
- Kalsium
- Fosfor
- Vitamin B1
- Zat besi
- Fellandren
- Sitral
Sebuah kandungan yang cukup lengkap untuk buah murah sekelas jeruk nipis.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh Seperti yang telah saya sebutkan diatas bahwa jeruk nipis banyak mengandung Vitamin C yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, vitamn C yang dapat menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh anda akan terlindungi dari infeksi dan serangan penyakit. 
  2. Meningkatkan pencernaan Anda Gabungan air hangat dengan air jeruk nipis sangat baik untuk pencernaan, merangsang dan mengaktifkan seluruh proses, sehingga membantu anda agar tetap sehat dan aktif 
  3. Mengobati sembelit Jeruk nipis dapat menyingkirkan sembelit dan masalah gastro lainnya. Jeruk nipis hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus Anda sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit dan trauma yang berhubungan dengan sembelit. 
  4. Agen pembersih alami Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh dengan membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi didalam tubuh anda, sehingga membuat anda lebih sehat dan segar. 
  5. Mempercantik Kulit tubuh dan wajah Efek dari menghilangkan racun dalam tubuh juga dapat membuat kulit menjadi tampak terlihat cerah. Vitamin C dari jeruk nipis membuat anda terlihat tampak lebih muda dari usia sebenarnya. 
  6. Melawan Penuaan Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis bertindak sebagai antioksidan alami. Dan menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda. Dengan minum jeruk nipis hangat memastikan Anda melawan kerutan dikulit muka akibat penuaan dini. 
  7. Menurunkan berat badan Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga mengandung serat dan vitamin C yang dapat membantu menurunkan berat badan. 
  8. Hidrat sistem anda Minum air hangat dengan jeruk nipis memastikan sistem Anda tetap terhidrasi. 
  9. Mengobati Panas Dalam dan Sariawan Kandungan Vitamin C dalam Jeruk Nipis yang tinggi sangat baik dan bisa mengurangi gejala Panasdalam dan Sariawan.
  10.  Batuk kronis Peras satu buah jeruk nipis tua. Ambil air perasannya satu sendok teh dan campur dengan kecap manis. Minum tiga kali sehari. Cara lain untuk mengobati batuk ialah dengan memanggang jeruk nipis di atas api hingga diperkirakan air di dalam jeruk nipis mendidih. Angkat dan diamkan hingga panasnya menjadi suam-suam (hangat-hangat) kuku. Belah jeruk nipis tersebut lalu langsung peras ke dalam mulut hingga mengalir ke tenggorokan.
  11. Menghentikan kebiasaan merokok Cukup sulit untuk menghentikan kebiasaan merokok, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu artikel Medkes tentang Cara Mudah Berhenti Merokok. Setelah itu, Anda bisa menerapkan hal ini. Hisap sepotong jeruk nipis. Rasanya yang asam dan segar akan membuat rangsangan untuk meminum air putih lebih banyak. Lakukan beberapa kali sehari. Cara ini akan mengurangi keinginan untuk merokok dan membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut.
  12. Bau ketiak Siapkan jeruk nipis yang dicampur dengan kapur sirih. Usapkan campuran ini pada ketiak setelah mandi dan biarkan beberapa saat sebelum dibasuh. Untuk hasil yang maksimal, lakukan setiap pagi dan sore. Beberapa khasiat lain dari jeruk nipis adalah untuk menyegarkan tubuh dan memperlancar pengeluaran air kemih. Cukup peras jeruk nipis dan campurkan pada minuman teh, lalu minum.
  13. Anemia (kurang darah)Jeruk nipis cukup ampuh untuk mengobati anemia, namun diperlukan beberapa bahan tambahan lainnya agar pengobatan menjadi lebih efektif. Siapkan bahan-bahan berupa :
    - Jeruk nipis 1/2 buah
    - Daun bayam duri 25 gram
    - 2 butir telur ayam
    - 2 sendok madu
    - Daun tapak liman 10 gram (abaikan saja bila sulit ditemukan)
    Bersihkan daun bayam dan daun tapak liman, lalu tumbuk dan ambil airnya. Campur air tersebut dengan kuning telur, jeruk nipis (sari) dan madu. Aduk sampai rata dan minum 2 kali sehari.
  14.  Demam
    Ambil 2-4 genggam daun jeruk nipis dan rebus dengan 2-4 gelas air (1 genggam = 1 gelas). Gunakan air rebusan untuk mengompres pasien yang demam. Caranya, basahkan kain (alat kompres) pada air rebusan dan peras, lalu tempelkan pada dahi orang yang demam.
Selain Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan, jeruk nipis juga biasa digunakan sebagai Kecantikan wajah mislanya :
 
Untuk membuat masker wajah, anda hanya perlu menyiapkan beberapa buah jeruk nipis yang masih segar. Anda dapat memetik langsung dari pohonnya atau membeli buah ini di pasar tradisional, toko buah maupun supermarket terdekat.
  1. Setelah jeruk disiapkan, potong menjadi dua bagian kemudian tekan perlahan sampai keluar sedikit airnya.
  2. Oleskan secara merata ke semua bagian wajah anda, ingat! Yang dimanfaatkan adalah airnya, pastikan kulit muka dibasah oleh air jeruk nipis.
  3. Kemudian diamkan wajah anda selama 30 menit agar khasiatnya meresap ke dalam pori-pori kulit
  4. Setelah 30 menit, basuh muka anda dengan air bersih
  5. Anda akan langsung melihat perubahan wajah yang lebih cerah dari sebelumnya
  6. Lakukan cara ini secara teratur untuk hasil yang maksimal dan bertahan lama
Manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk kecantikan wajah anda memang sudah terbukti dan tidak mengandung efek samping. Anda akan melihat perubahan kulit wajah yang terlihat lebih kencang, halus dan cerah dari sebelumnya.

SUMBER : Berbagai Sumber

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "14 Manfaat Jeruk Nipis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel